Kamis, 05 Juli 2012

RPP Bunyi

Nama   : Roihanatul Mustafidah         Mata Kuliah    : Media Pembelajaran
NIM    : 103611021                         Pengampu       : Dr. Hamdan Hadi Kusuma


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                             : MTs Hasyim Asy’ari
Kelas / Semester              :  VIII/ 2
Mata Pelajaran                :  IPA Terpadu

Standar Kompetensi

1.      Memahami konsep bunyi dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.

Kompetensi Dasar

1.2.  Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari

Indikator

1.      Memaparkan karakteristik gelombang bunyi.
2.      Membedakan infrasonik, ultrasonic, dan audiosonik.
3.      Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Merencankan percobaan untuk mengukur cepar rambat bunyi.

Alokasi waktu            : 4 x 40 menit (2x pertemuan)

A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.    Menjelaskan daerah frekuensi yang biasa didengar manusia dan hewan
2.    Memaparkan timbulnya bunyi, sampai terdengar oleh indera pendengar
3.    Menjelaskan organ penyusun indera pendengaran dan fungsinya
4.    Menjelaskan resonansi berdasar pengamatan

B.       Materi Pembelajaran: Bunyi

C.      Metode Pembelajaran

1.      Model             : Kontekstual
2.      Metode           : Tes tertulis, eksperimen, diskusi informasi, ceramah dan tanya jawab.
 
D.      Langkah-langkah Kegiatan:
Pertemuan pertama
1.         Kegiatan Pendahuluan
·         Salam pembuka yang dilanjutkan dengan mengabsen siswa yang hadir.
·         Motivasi dan apresepsi
Guru bertanya pada pesera didik, siapa yang suka bernyanyi? apa yang dimaksud dengan bunyi? 
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan pertama secara singkat.
2.         Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan materi pendahuluan.
b.      Guru beserta para siswa mengamati tentang sumber bunyi dan membuktikan apakah bunyi membutuhkan medium perantara atau tidak dengan melalui eksperimen. Dengan langkah pengamatan sebagai berikut:
1.Eksperimen tentang sumber bunyi
·         Guru membuat lubang pada dasar gelas plastik. Memutuskan sebuah gelang karet, kemudian membuat simpul pada ujung gelang karet itu dan memasukkan ujung lain ke dalam lubang itu, sehingga ujung karet tersebut  tertahan pada gelas ketika ujung lain ditarik.
·         Guru meminta sepasang siswa untuk mengamati dan ini bergantian sampai semua mendapatkan kesempatan untuk mengamati.
·         Selanjutnya salah satu siswa menahan gelas di dekat telinga sambil temannya meregangkan karet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar